Jumat, 23 September 2016

Pemrograman Berorientasi Objek dan Studi Kasus



Halooo Semuaaa

Perkenalkan saya Hanif Nashrullah, biasa dipanggil Hanif, Hanip, Hanep, Anip,  Nip, Nep --“ hehehe pilih aja salah satu. Sekarang saya kuliah di Teknik Informatika ITS 2015 dan sudah semester tiga. Kali ini saya ingin menceritakan tentang pendapat saya tentang mata kuliah PBO (Pemrograman Berorientasi Objek) dan harapan saya dari kuliah PBO ini.

Di semester ke tiga ini saya mengambil kuliah PBO  di kelas D. Saya belum mengerti kuliah PBO itu bagaimana, dan setelah baca sylabusnya ada poin capaian pembelajaran mata kuliah yaitu mahasiswa      mampu memahami konsep sub kelas, inheritance, overriding, overloading, polimorfisme, abstract class, dan interface. Hehe Itu apaan yak aku gangerti ._.” tapi gapapalah seiring waktu bakal ngerti kok.

Di kelas PBO D saya di ajar oleh Pak Fajar Baskoro. Di pertemuan pertama kami di tekankan untuk bisa mengetik dengan 10 jari. Wah tantangan yang cukup berat karena saya biasanya mengetik hanya dengan 2-4 jari dan maksimal  sampai 6 jari. Tapi menurutku hal ini penting untuk membantu kita jika ngoding sampai beratus-ratus line, dan juga bakal berguna bagi karir kita kedepannya kelak.

Dari kuliah PBO yang saya akan dapatkan di semester ini saya berharap dapat lebih mudah menyelesaikan berbagai masalah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Saya juga berharap ilmu-ilmu yang saya dapatkan dapat berguna bagi saya dan juga orang lain. Selain itu saya juga berharap saya jadi benar-benar mahir mengetik menggunakan 10 jari hehe.


Kali ini kelas saya mendapat tugas untuk menulis 100 studi kasus (judul program) java, berarti masing-masing mahasiswa harus menulis 3-4 studi kasus. Sebenarnya saya belum mengerti pemrograman java karena saya belom pernah mencoba ngoding bahasa java. Tapi mungin dari studi kasus dibawah ini saya bisa belajar bahasa java sedikit-sedikit. Berikut studi kasus nya : 

  1. Mencetak Data Diri (http://axceljadidriantama.blogspot.co.id/2014/03/contoh-program-sederhana-mencetak-data.html)
  2. Menghitung Luas Lingkaran (https://pratamawijaya.com/programming/contoh-program-java-sederhana-hitung-luas-lingkaran)
  3. Kalkulator Sederhana (http://www.gatewan.com/2015/03/kalkulator-sederhana-pemrograman-java.html)
  4. Kasir Sederhana (http://harizfadillah.blogspot.co.id/2013/03/program-kasir-sederhana-dengan-java.html)
Sekian dulu ya posting kali ini, soalnya saya ada kuliah PBO jam 08.00 pagi ini hehe. Terima kasih sudah membaca postingan saya ^^.

- Hanif Nashrullah - 5115100140 - PBO D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar