Rabu, 28 Desember 2016

Final Project Pemrograman Berorientasi Objek (Vending Machine in Java)


Nama : Hanif Nashrullah & Albertus Tommy Halim Putra

NRP : 5115100140 & 5115100030

Kelas : PBO-D

Dosen Pengajar : Bapak Fajar Baskoro


Tugas Final Project PBO :
  1. Buatlah program ATM sesuai dengan yang telah dibahas
  2. Modifikasi dan Reuse dari program yang ada untuk membuat program vending machine mesin pengeluar minuman yang menggunakan smartcard e-money Bank Mandiri.
  3. Dokumentasikan ke dalam blog kemudian update link ke blog saya.
      Vending Machine adalah mesin yang digunakan untuk mengeluarkan/menjual produk secara otomatis tanpa ada operator. Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa mesin. Program Vending Machine dapat dibuat dengan memodifikasi dan reuse dari program - program yang telah dibuat, terutama dari program ATM.

     Cara kerja program Vending Machine :
  1. Program meminta user untuk memasukkan ID dan PIN E-Money Mandiri untuk autentifikasi
  2. Program menampilkan saldo dan user dapat memilih minuman
  3. Jika saldo tidak cukup atau minuman habis, program memberitahu user dan tidak mengeluarkan minuman
  4. User dapat mengakhiri pembelian jika telah selesai
Berikut sourcecode masing-masing classnya :

1.   Class MainVendingMachine


2.   Class VendingMachine


3.   Class Keypad


4.   Class Saldo


5.   Class Transaction


6.   Class Minuman


7.   Class Screen


8.   Class CekStok


9.   Class Database_EMoney_Mandiri


10.  Class Account


Berikut relasi antar classnya.



Berikut outputnya jika program dijalankan.








Terimakasih atas semuanya. 😊

1 komentar: