Senin, 25 Februari 2019

Membuat Halaman Perkenalan Menggunakan Framework Codeigniter

Halo semua :D
Lama tidak membuat post di blog ini, kali ini saya akan memperkenalkan Codeigniter dan cara membuat halaman perkenalan saya menggunakan framework tersebut.

Apa sih Codeigniter?


Codeigniter adalah sebuah framework php yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). Codeigniter bersifat free alias tidak berbayar jika kamu menggunakannya. Framework codeigniter di buat dengan tujuan untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuat nya dari awal.

Cara pakainya gimana sih?

Nah untuk perkenalan pertama saya buat dengan menggunakan framework Codeigniter. Untuk menginstall Codeigniter kamu bisa download di https://www.codeigniter.com/userguide3/installation/downloads.html, kemudian kamu ekstrak di server kamu.
Pertama saya buat controller di application/controllers dan saya beri nama Home.php.



Biodata saya disimpan sebagai model di application/models dan saya beri nama DataModel.php.



Kemudian saya buat view di application/views untuk tampilan halaman perkenalan dan saya beri nama HomeView.php.



Agar halaman perkenalan saya menjadi halaman utama maka saya ubah default controller menjadi controller yang saya buat. Untuk mengubahnya buka routes.php di application/config dan ubah nilai $route['default_controller'] dengan controller yang sebelumnya dibuat. Karena nama controller saya adalah Home maka saya ubah nilai nya menjadi 'home'.

 

Jika sudah, halamannya bisa dibuka melalui localhost. Karena saya menggunakan XAMPP dan saya menginstal Codeigniter di folder 'codeigniter' di dalam folder htdocs maka link yang saya gunakan adalah http://localhost/codeigniter/.


Semoga dengan ini kamu bisa mengerti konsep MVC di Codeigniter. Sampai jumpa di post berikutnya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar